Pola Tata Kelola SMKN- Pengelolaan Sumber Daya Manusia

SMKN BLUD : PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) PART IIIA

Artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai sub bab jenis pelayanan, prosedur pelayanan SPM.  Artikel selanjutnya kita akan membahas mengenai bab selanjutnya yaitu Rencana Pencapaian SPM. Pembahasan selanjutnya dapat dilihat di bawah ini.

BAB III

RENCANA PENCAPAIAN SPM

 

  1. Rencana Pencapaian Indikator SPM

SMKN 1 Sambilegi secara bertahap berupaya untuk meningkatkan SPM sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan kemampuan keuangan, kelembagaan serta personil yang dimiliki. Dalam waktu 5 (lima) tahun dari tahun 2022 – 2026 SMKN 1 Sambilegi akan berupaya meningkatkan pelayanan, disajikan pada tabel berikut:

Rencana Pencapaian Indikator Pelayanan Pendidikan

Indikator Nilai Satuan Target
2021
Dasar
2022 2023 2024 2025 2026
1.1.1 Peserta didik memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME sesuai area kompetensi keagamaan Persen (%) 90% 92% 94% 96% 98% 100%
1.1.2 Peserta didik memiliki jiwa Kebangsaan dan cinta tanah air sesuai area kompetensi Kebangsaan dan Cinta Tanah Air Persen (%) 90% 94% 96% 98% 100% 100%
1.1.3 Peserta didik memiliki kepribadian jujur, mandiri, bertanggungjawab, dan berjiwa sosial sesuai standar area kompetensi Karakter Pribadi dan Sosial Persen (%) 90% 96% 98% 100% 100% 100%
1.1.4 Peserta didik diharapkan memiliki kesehatan secara jasmani maupun rohani sesuai area kompetensi sehat jasmani dan rohani Persen (%) 95% 96% 97% 98% 100% 100%
1.1.5 Peserta didik memiliki kemampuan literasi yang baik dan mumpuni sesuai area kompetensi Literasi Persen (%) 90% 92% 94% 96% 98% 100%
1.1.6 Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif sesuai area kompetensi kreativitas Persen (%) 90% 92% 94% 96% 98% 100%
1.1.7 Peserta didik memiliki keterampilan Estetika yang baik sesuai area kompetensi estetika Persen (%) 95% 97% 97% 98% 100% 100%
1.1.8 Peserta didik memiliki kemampuan teknis yang memadai sesuai area kompetensi kemampuan teknis Persen (%) 85% 90% 97% 98% 100% 100%
1.1.9Peserta didik memiliki jiwa dan kemampuan berwirausaha yang baik sesuai area kompetensi kewirausahaan Persen (%) 80% 85% 90% 97% 98% 100%
1.2.1 Sub standar kompetensi lulusan dan ruang lingkup materi setiap muatan
pembelajaran untuk setiap kelas pada tingkat dan jenis kompetensi dirumuskan dalam kurikulum SMK/MAK
Persen (%) 95% 97% 97% 98% 100% 100%
 1.2.1 Sub standar kompetensi lulusan, ruang lingkup materi dan kurikulum tersebut dijabarkan ke dalam buku teks pelajaran Persen (%) 95% 97% 97% 98% 100% 100%
1.3.1 Guru membuat perencanaan pembelajaran dalam bentuk RPP dan/atau perangkat pembelajaran lain yang mengacu kepada silabus yang dikembangkan oleh SMK dan kurikulum untuk pembelajaran di kelas Persen (%) 100% 100% 100% 100% 100% 100%
1.3.2 Proses pembelajaran yang di lakukan guru/instruktur sesuai standar prosedur pelaksanaan sistem pembelajaran di kelas Persen (%) 90% 97% 97% 98% 100% 100%
1.3.3 Guru/instruktur membuat penilaian terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan sistem pembelajaran di kelas Persen (%) 100% 100% 100% 100% 100% 100%
1.3.4 Guru/instruktur menganalisis karakteristik keterampilan yang akan dicapai peserta didik dalam pembelajaran praktik Persen (%) 90% 92% 94% 96% 98% 100%
1.3.5 Guru/instruktur memberikan contoh dan kesempatan kepada peserta didik untuk melaksanakan yang telah dicontohkan guru/instruktur dalma proses pemebelajaran praktik Persen (%) 90% 92% 94% 96% 98% 100%
1.3.6 Guru/instruktur melakukan penilaian sesuai dengan karakteristik keterampilan pembelajaran praktik Persen (%) 100% 100% 100% 100% 100% 100%
1.3.7 Guru/instruktur dari SMK/MAK dan pembimbing dunia kerja membuat perencanaan sistem ganda Persen (%) 100% 100% 100% 100% 100% 100%
1.3.8 Pelaksanan kegiatan pembelajaran pada PSG Persen (%) 90% 92% 94% 96% 98% 100%
1.3.9 Pembimbing dunia usaha/industri melakukan penilaian yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan PSG Persen (%) 100% 100% 100% 100% 100% 100%
1.3.10 Guru/instruktur melakukan perencanaan pembelajaran sistem blok Persen (%) 100% 100% 100% 100% 100% 100%
1.3.11 Guru/instruktur melakukan pelaksanaan pembelajaran sistem blok Persen (%) 90% 92% 94% 96% 98% 100%
1.3.12 Guru/instruktur melakukan penilaian proses pembelajaran sistem blok Persen (%) 100% 100% 100% 100% 100% 100%
1.4.1 Teknik penilaian berdasarkan prinsip penilaian Persen (%) 95% 92% 94% 96% 98% 100%
1.4.2 Penilaian dilakukan mengikuti prosedur Persen (%) 90% 92% 94% 96% 98% 100%
1.4.3 Penilaian pendidikan ditindaklanjuti. Persen (%) 100% 100% 100% 100% 100% 100%
1.5.1 Ketersediaan guru sesuai standar kualifikasi guru Persen (%) 90% 92% 94% 96% 98% 100%
1.5.2 Ketersediaan instruktur kejuruan sesuai standar kualifikasi instruktur kejuruan Persen (%) 95% 92% 94% 96% 98% 100%
1.5.3 Ketersediaan guru sesuai standar kompetensi guru umum dan kejuruan Persen (%) 95% 92% 94% 96% 98% 100%
1.5.4 Ketersediaan instruktur kejuruan sesuai standar kompetensi instruktur kejuruan Persen (%) 95% 92% 94% 96% 98% 100%
1.6.1 Lahan sekolah sesuai dengan standar prasarana dan sarana dan sarana Persen (%) 100% 100% 100% 100% 100% 100%
1.6.2 Bangunan sekolah sesuai dengan standar prasarana dan sarana Persen (%) 90% 92% 94% 96% 98% 100%
1.6.3 Ruang pembelajaran umum sesuai dengan standar prasarana dan sarana Persen (%) 80% 92% 95% 96% 98% 100%
1.6.4 Ruang Praktik/Laboratorium Umum sesuai dengan standar prasarana dan sarana Persen (%) 90% 92% 95% 96% 98% 100%
1.6.5 Ruang Praktik/Laboratorium Keahlian sesuai dengan standar prasarana dan sarana Persen (%) 80% 85% 90% 97% 98% 100%
1.6.6 Ruang Pimpinan dan Administrasi sesuai dengan standar prasarana dan sarana Persen (%) 90% 92% 94% 96% 98% 100%
1.6.7 Ruang penunjang sesuai dengan standar prasarana dan sarana Persen (%) 80% 85% 90% 97% 98% 100%
1.7.1 Sekolah melakukan perencanaan pengelolaan Persen (%) 100% 100% 100% 100% 100% 100%
1.7.2 Pelaksanaan pengelolaan dilakukan sesuai standar pengelolaa Persen (%) 80% 85% 90% 97% 98% 100%
1.7.3 Kepala sekolah berkinerja baik dalam melaksanakan tugas kepemimpinan Persen (%) 90% 92% 94% 96% 98% 100%
1.7.4 Satuan pendidikan mengelola sistem informasi manajemen Persen (%) 80% 85% 90% 97% 98% 100%
1.8.1 Siswa SMK yang miskin/kurang mampu dibebaskan dari beban biaya pendidikan Persen (%) 85% 87% 90% 97% 98% 100%
1.8.2 Pengelolaan dana yang masuk ke satuan pendidikan dilakukan secara transparan dan akuntabel Persen (%) 95% 92% 94% 96% 98% 100%

 

Rencana Pencapaian Teaching Factory

Indikator Nilai Satuan Target
2021
Dasar
2022 2023 2024 2025 2026
1.1.1 Tefa melakukan administrasi keuangan sesuai prosedur akuntansi yang standar Persen (%) 90% 94% 96% 98% 100% 100%
1.1.2 Tefa memiliki struktur organisasi dan jobdesk dalam bentuk formal Persen (%) 100% 100% 100% 100% 100% 100%
1.1.3 Tefa memiliki SOP dan alur kinerja yang tersusun dan dilaksanakan secara konsisten Persen (%) 95% 96% 98% 100% 100% 100%
1.2.1 Tefa memiliki peralatan sesuai standar Persen (%) 80% 85% 90% 97% 98% 100%
1.2.2 Terdapat tata kelola penggunaan alat Persen (%) 85% 87% 90% 97% 98% 100%
1.2.3 Ruang praktik Tefa memenuhi standar sarana dan prasarana Persen (%) 90% 94% 96% 98% 100% 100%
1.2.4 Tefa memiliki Manajemen Maintenance, Repair & Calibrasion (MRC) Persen (%) 85% 87% 90% 97% 98% 100%
1.2.5 Terdapat penataan (layout) tempat praktik Persen (%) 90% 94% 96% 98% 100% 100%
1.3.1 Tefa memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa/Jobsheet (LKS) Persen (%) 100% 100% 100% 100% 100% 100%
1.3.2 Tefa memiliki bahan praktik untuk proses produksi atau pelayanan sesuai permintaan konsumen Persen (%) 80% 85% 90% 97% 98% 100%
1.3.3 Pelaksanaan pendidikan dan latihan Persen (%) 90% 94% 96% 98% 100% 100%
1.3.4 Terdapat kegiatan pengajar/instruktur sesuai tupoksi dan job order industri Persen (%) 85% 87% 90% 97% 98% 100%
1.3.5 Pola pembelajaran/training berbasis corporate culture Persen (%) 90% 94% 96% 98% 100% 100%
1.4.1 Tefa memiliki Marketing & Promotion Plan Persen (%) 80% 85% 90% 97% 98% 100%
1.4.2 Tefa memiliki media komunikasi untuk menjangkau pasar Persen (%) 85% 87% 90% 97% 98% 100%
1.4.3 Tefa memiliki brosur/leaflet/sarana lain (website, CD, dan lain-lain.) Persen (%) 90% 94% 96% 98% 100% 100%
1.4.4 Tefa memiliki jangkauan pasar Persen (%) 90% 94% 96% 98% 100% 100%
1.4.5 Terdapat penanggung jawab marketing Tefa Persen (%) 100% 100% 100% 100% 100% 100%
1.5.1 Produk/jasa yang dihasilkan sesuai standar dan sesuai dengan kebutuhan internal Persen (%) 79% 80% 81% 82% 90% 95%
1.5.2 Produk/jasa yang dihasilkan dapat diterima oleh pasar Persen (%) 80% 85% 90% 97% 98% 100%
1.5.3 Delivery produk/jasa tepat waktu Persen (%) 90% 94% 96% 98% 100% 100%
1.5.4 Qualitas produk/jasa yang dihasilkan sesuai standar dan harga yang diberikan dapat bersaing dengan produk/jasa sejenis di pasaran Persen (%) 80% 85% 90% 97% 98% 100%
1.5.5 Produk/jasa memiliki quality control yang sesuai standar Persen (%) 85% 87% 90% 97% 98% 100%
6.1.1 Kompetensi SDM teaching factory sesuai standar tefa Persen (%) 90% 94% 96% 98% 100% 100%
6.1.2 Jumlah dan kesesuain SDM untuk menjalankan tefa sudah memenuhi Persen (%) 90% 94% 96% 98% 100% 100%
6.1.3 SDM tefa memiliki motivasi untuk menjalankan tefa Persen (%) 85% 87% 90% 97% 98% 100%
6.1.4 SDM tefa memiliki kemampuan inovasi Persen (%) 85% 87% 90% 97% 98% 100%
6.1.5 SDM tefa memiliki team work yang saling mendukung Persen (%) 87% 88% 90% 97% 98% 100%
7.1.1 Memiliki bentuk kerja sama sesuai standar tefa Persen (%) 85% 87% 90% 97% 98% 100%
7.1.2 Pelaksanaan tefa didasarkan pada project work Persen (%) 90% 94% 96% 98% 100% 100%
7.1.3 Adanya transfer teknologi dari industri ke SMKN Persen (%) 80% 85% 90% 97% 98% 100%

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *