Sistematika Penyusunan Renstra SMKN PART VI

Sistematika Penyusunan Renstra SMKN PART VC-blud.co.id. Artikel sebelumnya kita membahas mengenai BAB IV dari Renstra mengenai “Tujuan & Sasaran SMKN”, artikel saat ini kita akan membahas mengenai BAB IV dari Renstra yaitu “Strategi & Arah Kebijakan SMKN”. Berikut adalah pembahasannya:

  1. STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN

Strategi dan kebijakan adalah merupakan rumusan perencanaan komprehensif dalam mencapai tujuan dan sasaran dalam Rencana Strategis SMKN 1 Sambilegi 2022-2026 dengan efektif dan efisien. Untuk mewujudkan Visi dan misi dan agar lebih terarah dalam mencapai tujuan dan sasaran, maka dirumuskan strategi dan kebijakan SMKN selama lima tahun periode Renstra 2022-2026.

Dari Analisa SWOT di bab sebelumnya, terdapat beberapa permasalahan yang timbul baik internal maupun eksternal yang dimiliki SMKN 1 Sambilegi Upaya yang dapat dilaksanakan untuk mendapatkan alternatif pemecahan masalah sehingga tujuan yang ingin tercapai dapat terlaksana adalah sebagai berikut:

 

Tujuan, Sasaran, Strategi dan Kebijakan

 

Tujuan
Sasaran
Strategi
Arah Kebijakan
1.      Mempersiapkan peserta didik agar mampu menjadi manusia mandiri, produktif, kreatif dan inovatif di bidang pariwisata
1. Meningkatnya kualitas karakter peserta didik yang mandiri, produktif, kreatif dan inovatif di bidang pariwisata
1. Meningkatkan kompetensi keahlian siswa yang mampu menjadi
tenaga kerja trampil siap kerja, berwirausaha, ataupun melanjutkan ke
jenjang yang lebih tinggi;
1.    Mengembangkan unit Lembaga Uji Sertifikasi (LSP 2) sekolah sesuai Standar Nasional dan IDUKA
2. Pengembangan Uji Sertifikasi Kompetensi
2.    Meningkatkan tersedianya fasilitas, bahan praktek dan peralatan yang dapat mendukung dalam pembelajaran, serta memonitoring dan mengevaluasi sarana dan prasarna sekolah.
3. Pengembangan Teaching Factory
3. Merencakan dan meningkatkan diklat / pelatihan yang diadakan oleh sekolah maupun lembaga diklat / pelatihan lainnya dengan pihak luar
4. Pengembangan proses pembelajaran yang inovatif
4. Meningkatkan Jumlah kompetensi keahlian yang pembelajaran berwirausahanya melalui teaching factory;
2.    Menerapkan penggunaan bahasa inggris dan bahasa asing lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas sesuai dengan keahliannya
2. Meningkatkan kemampuan bahasa inggris dan bahasa asing lainnya  sehingga meningkatkan daya saing
1. Pengembangan kompetensi guru bahasa inggris  dan bahasa lainnya
1. Memberikan peluang dalam meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya baik itu dalam bentuk In House training maupun diklat/pelatihan dari pihak ketiga
3.      Menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan adaftif terhadap perkembangan teknologi sesuai dengan bidangnya dengan menerapkan prinsip keselamatan, kesehatan, dan keamanan lingkungan.
2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik untuk menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan adaptif terhadap perkembangan teknologi yang sesuai dengan bidangnya dengan menerapkan prinsip keselamatan, kesehatan dan keamanan lingkungan.
1.  Pengembangan kerjasama dengan sekolah aliansi dan DU/DI (Institusi Pasangan) baik dalam negeri maupun luar negeri.
1. Membuat kerja sama dengan pihak luar
4. Pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki karakter kebangsaan.
4. Pendidik dan tenaga kependidikan memiliki karakter kebangsaan
1. Mengadakan program pelatihan / IHT sesuai dengan kebutuhan sekolah
1.   Merencakan dan meningkatkan diklat / pelatihan yang diadakan oleh sekolah maupun lembaga diklat / pelatihan lainnya.

 

Setelah kita membahas mengenai BAB IV yaitu mengenai Visi dan Misi, Tujuan & Sasaran SMKN, serta strategi dan arah kebijakan, selanjutnya kita akan membahas mengenai Bab V dari renstra.  Pada bab V kita akan fokus membahas “Rencana Strategis” yang berisi Rencana Program, Kegiatan dan Pendanaan SMKN untuk 5 (lima) Tahun mendatang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Syncore

By syncore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WORKSHOP PPK BLUD (OKTOBER - DESEMBER)