Sistematika Penyusunan Renstra SMKN

Sistematika Penyusunan Renstra SMKN PART IVB.  Artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai Renstra pada BAB III yaitu mengenai Identifikasi Permasalahan Berdasarkan Tugas dan fungsi Pelayanan. Artikel kali ini kita akan membahas mengani Sistematika Penyusunan Renstra SMKN pada sub bab Telaah Visi, Misi, dan Program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih. Bagaimana dokumen penyusunan renstra pada sub bab tersebut, silahkan baca format dibawah ini

 

  1. Telaah Visi, Misi, dan Program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih

Penelaahan visi, misi, dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih berisi tentang tugas dan fungsi SMKN yang terkait dengan visi, misi, serta program gubernur dan wakil gubernur. Proses penelaahan berdasarkan permasalahan yang ada dengan membandingkan visi, misi, program kerja kepala daerah dengan tupoksi SMKN, kemudian ditelaah faktor penghambat dan pendorong pelayanan SMKN tersebut disajikan dalam tabel berikut:

No

Visi/Misi

Tupoksi SMKN

Permasalahan

Faktor Penghambat dan Pendorong

1 Visi Provinsi DIY periode 2021 – 2026 adalah: ” Terwujudnya Peningkatan Kemuliaan Martabat Manusia Jogja” Tugas : SMKN mempunyai tugas mengelola penyelenggaraan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan 1.    Pemerataan penempatan dan alokasi sumberdaya manusia pada berbagai Kompetensi keahlian masih kurang karena tidak ada penerimaan pegawai negeri sipil dan masih menghandalkan pendidik honorer atau pendidik tidak tetap, mengakibatkan adanya perbedaan produktivitas dan hasil kerja pada masing-masing kompetensi keahlian di lingkungan SMKN 1 Sambilegi.

 

2.   Intensitas komunikasi dan kerjasama antar kompetensi keahlian masih memerlukan peningkatan terutama terkait dengan implementasi program sekolah yang pelaksanaannya membutuhkan kerjasama dan kebersamaan antar kompetensi keahlian.

 

 

3.      Pengembangan program kerja tahunan masih belum mengacu pada perencanaan strategis jangka menengah, mengakibatkan keberlanjutan program dari tahun ke tahun sesuai dengan rencana jangka menengah kurang tercapai dan mampu mengantisipasi perkembangan yang berlangsung di masyarakat;

 

4.      Pada beberapa implementasi program masih dijumpai kekurangjelasan dan kekurangtegasan dalam pelimpahan wewenang dari tingkat pimpinan kepada bawahan, serta kekurangsesuaian penunjukan bidang atau sub bagian untuk melaksanakan program-program kerja yang dilaksanakan

Faktor penghambat:
1.      kurang jelasnya sosialisasi tentang perencanaan strategis jangka menengah untuk program dan kegiatannya serta kekurangsesuaian penunjukan bidang atau sub
bagian untuk melaksanakan program-program kerja yang dilaksanakan2.      Terbatasnya sumber daya manusia yang ada di sekolah

 

3.      Kurangnya komunikasi dan kerjasama antar kompetensi keahlian

 

4.      Semakin berkurangnya subsidi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah

 

 

5.      Keterbatasan anggaran operasional (Listrik, Air, Internet, Kebersihan, dll)  serta kualitas perencanaan, monitoring dan evaluasi belum optimal
6.      Rendahnya gaji/jasa pelayanan pegawai non PNS
Faktor Pendorong:
2
Misi no 1 : terwujudnya peningkatan kualitas hidup – kehidupan –  penghidupan masyarakat yang berkeadilan dan berkeadaban, melui peningkatan kemampuan dan peningkatan ketrampilan sumberdaya manusia Jogja yang berdaya saing
Fungsi:
1. Adanya dukungan dari pemerintah untuk memberikan sumber daya manusia
1.      penyusunan program kerja sekolah;

2.      penyiapan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis sesuai bidang tugasnya;

3.      penyelenggaraan proses pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

4.      pelaksanaan evaluasi hasil belajar peserta didik;

5.      pelaksanaan penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran;

6.      analisis dan pengembangan kinerja sekolah;

7.      pelaksanaan ketatausahaan sekolah;

8.      pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan program sekolah; dan

9.      pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

2. Memiliki standar sarana dan prasarana yang memadai untuk pengembangan pelayanan Tefa
5.      Memiliki jejaring dengan pihak luar dan instusi Pendidikan

6.        Memiliki standar sarana dan prasarana yang memadai untuk pengembangan pelayanan Tefa

Setelah kita membahas mengenai “Sistematika Penyusunan Renstra SMKN PART IVB” yaitu Telaah Visi, Misi dan Program Kepala daerah. Selanjutnya kita akan membahas mengenai “Telaah renstra KL”

Syncore

By syncore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WORKSHOP PPK BLUD (OKTOBER - DESEMBER)