Mitra BLUD
Berbasis Teknologi

BLUD.co.id

PERUBAHAN ANGGARAN PART X “Format Rincian Anggaran Pembiayaan”

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai empat jenis perubahan RBA. Pada seri artikel RBA kali ini kita memasuki format topik perubahan RBA. Berikut adalah format dokumen rincian perubahan anggaran pembiayaan BLUD tersebut :

PEMERINTAH PROVINSI/KABUPATEN/KOTA (1)

……………………………………………(2)

PERUBAHAN RENCANA BISNIS DAN ANGGARAN

ANGGARAN PEMBIAYAAN TAHUN ANGGARAN …..(3)

TIDAK Uraian Sebelum Perubahan Setelah Perubahan Tambah/Kurang
1…..(4) 2…..(5) 3…..(6) 4……(7) 5…..(8)
PEMBIAYAAN
PENERIMAAN PEMBIAYAAN
Penggunaan sisa lebih perhitungan Anggaran (SiLPA) tahun anggaran sebelumnya
…..
Divestasi
…..
Penerimaan Utang/Pinjaman
…..
PENGELUARAN PEMBIAYAAN
Investasi
…..
Dst
Pembiayaan Pokok Utang/Pinjaman
…..
Dst
Jumlah
…..,……………..20…..(9)
Pemimpin Badan Layanan Umum Daerah
(ttd)
(nama lengkap)
GIGIT……………

 

 

Petunjuk Pengisian Formulir Perubahan RBA Pembiayaan:

  1. Nama provinsi / kabupaten/kota;
  2. Nama BLUD;
  3. Tahun anggaran yang direncanakan;
  4. Pengisian kolom 1, diisi dengan nomor unit pembiayaan;
  5. Pengisian Kolom 2, Sebagai Berikut:
    1. Penerimaan Pembiayaan
      • Uraian pertama yang dicantumkan untuk menguraikan lebih lanjut penerimaan pembiayaan yaitu uraian penerimaan pembiayaan;
      • Selanjutnya diuraikan jenis-jenis penerimaan pembiayaan yang termasuk dalam kelompok penerimaan pembiayaan berkenaan, seperti penggunaan sisa lebih perhitungan anggaran tahun anggaran sebelumnya, divestasi, penerimaan utang/pinjaman merupakan jenis penerimaan pembiayaan yang termasuk dalam kelompok penerimaan pembiayaan;
      • Untuk masing-masing jenis penerimaan pembiayaan yang dicantumkan selanjutnya diuraikan objek penerimaan pembiayaan yang termasuk dalam jenis penerimaan pembiayaan berkenaan.
    2. Pengeluaran Pembiayaan
      • Uraian pertama yang dicantumkan untuk menguraikan lebih lanjut pengeluaran pembiayaan yaitu uraian pengeluaran pembiayaan;
      • Selanjutnya diuraikan jenis-jenis pengeluaran pembiayaan yang termasuk dalam kelompok pengeluaran pembiayaan berkenaan, seperti investasi dan pembayaran pokok utang/pinjaman;
      • Untuk masing-masing jenis pengeluaran pembiayaan yang dicantumkan selanjutnya diuraikan objek pengeluaran pembiayaan yang termasuk dalam jenis pengeluaran pembiayaan berkenaan.
  6. Kolom tiga diisi dengan jumlah anggaran pendapatan sesuai jenis, objek, rincian objek, dan subrincian objek sebelum perubahan RBA.
  7. Kolom empat diisi dengan jumlah anggaran pendapatan sesuai jenis, objek, rincian objek dan subrincian objek setelah perubahan RBA.
  8. Kolom lima diisi dengan selisih lebih/kurang antara jumlah anggaran pendapatan sesuai jenis, objek, detail objek, dan sub detail objek sebelum perubahan dan setelah perubahan.
  9. Diisi dengan tanggal, bulan, dan tahun, dilengkapi dengan tanda tangan, nama lengkap, dan NIP dari Pemimpin BLUD.

Setelah artikel ini kami akan membahas untuk Format Rincian dan Ringkasan Pendapatan, Belanja, dan Pembiayaan, stay tune! 😊

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top