Mitra BLUD
Berbasis Teknologi

BLUD.co.id

Membangun Pola Pikir Untuk Menjadi BLU / BLUD

Himbauan dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk Membangun Pola Pikir Menuju Badan Layanan Umum (BLU) di PPSDM BETKE. Badan Layanan Umum (BLU) merupakan Satuan Kerja atau Unit Kerja pada Satuan Kerja di lingkungan kementrian yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

Pola pikir untuk menjadi BLU
Membangun BLU

BLU bukan hanya mengejar keuntungan, tetapi juga memiliki misi sosial untuk melayani masyarakat. BLU harus mengubah paradigma karyawan menjadi melayani. Layanan baik sama dengan peningkatan jasa dan pendapatan. Profit itu apa? Merupakan dampak atau tujuan menjadi BLU? Yang sebenarnya profit adalah dampak yang terjadi karena adanya peningkatan pelayanan, bukan tujuan yang kita kejar setelah menjadi BLU.

Siap menjadi BLU tidak semata-mata siap berubah sebutan saja, namun juga segala jajaran mulai dari tukang sapu hingga kepala pusat harus memiliki pemikiran yang sama yaitu bekerja keras untuk meningkatkan pelayanan. Paradigma menjadi BLU yaitu paradigma melayani masyarakat. BLU tanpa perubahan kinerja hanyalah ganti nama, bukan transformasi.

Mengapa pola pikir pelayan yang harus dibangun setelah menjadi BLU? Sebab satuan kerja pemerintah ada di pekerjaan yang tersedia untuk melayani masyarakat, sehingga jika rasa untuk melayani tidak ada maka pelanggan enggan datang kembali. Mau tidak mau setelah menjadi BLU juga harus memiliki sudut pandang pelanggan, sebab di dalam menjalankan BLU ada ungkapan untuk mempraktikkan bisnis yang sehat. Dan bisnis yang sehat adalah tidak rugi, namun di BLU ini tidak rugi artinya adalah peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Scroll to Top