Sistematika Penyusunan Renstra SMKN PART IVB. Artikel sebelumnya , kita telah membahas mengenai Renstra pada BAB III yaitu mengenai Identifikasi Permasalahan Berdasarkan Tugas dan Fungsi Pelayanan. Artikel kali ini kita akan membahas mengani Sistematika Penyusunan Renstra SMKN pada sub bab Telaah Visi, Misi, dan Program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih. Bagaimana penyusunan dokumen renstra pada sub bab tersebut, silahkan baca format dibawah ini
-
Telaah Visi, Misi, dan Program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih
Penelaahan visi, misi, dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih berisi tentang tugas dan fungsi SMKN yang terkait dengan visi, misi, serta program gubernur dan wakil gubernur. Proses penelaahan berdasarkan permasalahan yang ada dengan membandingkan visi, misi, program kerja kepala daerah dengan tupoksi SMKN, kemudian ditelaah faktor penghambat dan pendorong pelayanan SMKN tersebut disajikan dalam tabel berikut:
TIDAK |
Visi/Misi |
Tupoksi SMKN |
Masalah |
Faktor Penghambat dan Pendorong |
||
1 | Visi Provinsi DIY periode 2021 – 2026 adalah: ” Terwujudnya Peningkatan Kemuliaan Martabat Manusia Jogja” | Tugas : SMKN mempunyai tugas mengelola penyelenggaraan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan | 1. Pemerataan penempatan dan alokasi sumberdaya manusia pada berbagai Kompetensi keahlian masih kurang karena tidak adanya penerimaan pegawai negeri sipil dan masih menghandalkan pendidik honorer atau pendidik tidak tetap, mengakibatkan adanya perbedaan produktivitas dan hasil kerja pada masing-masing kompetensi keahlian di lingkungan SMKN 1 Sambilegi.
2. Intensitas komunikasi dan kerjasama antar kompetensi keahlian masih memerlukan peningkatan terutama terkait dengan implementasi program sekolah yang pelaksanaannya membutuhkan kerjasama dan kebersamaan antar kompetensi.
3. Pengembangan program kerja tahunan masih belum mengacu pada perencanaan strategi jangka menengah, mengakibatkan program keberlanjutan dari tahun ke tahun sesuai dengan rencana jangka menengah yang kurang terjangkau dan mampu mengantisipasi perkembangan yang berlangsung di masyarakat;
4. Pada beberapa program implementasi masih dijumpai kekurangjelasan dan kekurangtegasan dalam pelimpahan yang diwenangkan dari tingkat pimpinan kepada bawahan, serta kekurangsesuaian penunjukan bidang atau sub bagian untuk melaksanakan program-program kerja yang dilaksanakan |
Faktor penghambat: |
||
1. kurang jelasnya sosialisasi tentang perencanaan strategis jangka menengah untuk program dan kegiatannya serta kekurangsesuaian penunjukan bidang atau sub bagian untuk melaksanakan program-program kerja yang dilaksanakan2. Terbatasnya sumber daya manusia yang ada di sekolah 3. Kurangnya komunikasi dan kerjasama antar kompetensi keahlian
4. Semakin berkurangnya subsidi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah
|
||||||
5. Keterbatasan anggaran operasional (Listrik, Air, Internet, Kebersihan, dll) serta kualitas perencanaan, monitoring dan evaluasi belum optimal6. Rendahnya gaji/jasa pelayanan pegawai non PNS |
Faktor Pendorong: |
|||||
2 |
Misi no 1 : terwujudnya peningkatan kualitas hidup – kehidupan – penghidupan masyarakat yang berkeadilan dan berkeadaban, melui peningkatan kemampuan dan peningkatan ketrampilan sumberdaya manusia Jogja yang berdaya saing |
Fungsi: |
1. Adanya dukungan dari pemerintah untuk memberikan sumber daya manusia | |||
1. penyusunan program kerja sekolah;
2. penyiapan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis sesuai bidang tugasnya; 3. penyelenggaraan proses pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku; 4. pelaksanaan evaluasi hasil belajar peserta didik; 5. pelaksanaan penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran; 6. analisis dan pengembangan kinerja sekolah; 7. pelaksanaan ketatausahaan sekolah; 8. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan program sekolah; dan 9.pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya. |
||||||
2. Memiliki sarana dan prasarana standar yang mencukupi untuk pengembangan pelayanan Tefa | ||||||
5. Memiliki jejaring dengan pihak luar dan lembaga Pendidikan
6. Memiliki sarana dan prasarana standar yang memadai untuk pengembangan pelayanan Tefa |
||||||
Setelah kita membahas mengenai “Sistemtika Penyusunan Renstra SMKN PART IVB” yaitu Telaah Visi, Misi dan Program Kepala daerah. Selanjutnya kita akan membahas mengenai “Telaah renstra KL”