WORKSHOP PRA BLUD SMKN PURWOSARI BOJONEGORO

Workshop pra BLUD SMKN Purwosari Bojonegoro, telah berhasil dilaksanakan pada tanggal 28 sampai dengan 30 juni 2021 bertempat di Hotel Grage Ramayana Malioboro Yogyakarta. Workshop dilaksanakan selama tiga hari yang dipandu oleh Pak Soni sebagai narasumber dengan didampingi konsultan BLUD Syncore Wahyu dan Yuni.

Hari Pertama

Hari pertama dimulai dengan sambutan oleh perwakilan SMKN Purwosari. Tujuan SMKN Purwosari mengikuti workshop untuk mempelajari :

  1.  Apa itu BLUD?
  2. Langkah-langkah apa yang diperlukan untuk menerapkan BLUD?
  3. Dokumen-dokumen apa saja yang di perlukan dan dipersiapakan untuk menerapkan BLUD?

Dalam sambutan tersebut SMKN Purwosari juga berharap mampu menerapkan BLUD secara maksimal dan memahami apa itu BLUD dengan baik. Sehingga, bisa menerapkan dengan maksimal bukan hanya sekedar branding saja. Setelah sambutan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Pak Soni. Beliau menyampaikan materi mendasar mengenai BLUD, mulai dari latarbelakang BLUD, mengapa perlu menerapkan BLUD, dan bagaimana untuk menerapkan BLUD tersebut, diselingi tanya jawab dengan para peserta workshop. Dalam penyampaian materinya, bapak Soni menyampaikan bahwa langkah pertama dalam mempersiapkan penerapan BLUD adalah kenali organisasi terlebih dahulu, siapa bertugas apa dan siapa yang bertanggungjawab atas apa.

Pembicara  juga menyampaikan jika nanti SMKN Sudah menjadi BLUD, maka akan memiliki fleksibilitas dan perlu menyusunkan renstra atau peta jalan sekolah. Selanjutnya menyusun RBA, penatausahaan keuangan dan pelaporan keuangan.  BLUD diberikan otonomi sendiri dalam pengelolaan keuangan. Dalam pemaparan materi hari pertama juga disampaikan mengenai syarat dan dokumen yang perlu dipersiapkan dalam penerapan BLUD.

Hari Kedua

Pada workshop hari kedua, konsultan BLUD Syncore yaitu Wahyu dan yuni mendampingi klien membuat dokumen pra BLUD yang perlu dipersiapkan. Dihari kedua ini SMKN Purwosari Menyusun Renstra dan SPM. Sedangkan untuk hari ketiga dilanjutkan pembuatan dokumen pra BLUD berupa Tata Kelola dan Laporan keuangan/Proyeksi Laporan keuangan. Untuk SMKN Purwosari laporan keuangan yang dibuat adalah proyeksi laporan keuangan. Hal ini dikarenakan, SMKN Purwosari belum memiliki laporan keuangan sebelumnya, sehingga menggunakan laporan proyeksi/perkiraan.

Hari Ketiga

Pada hari ketiga, diinformasikan oleh konsultan yuni mengenai penilaian dokumen pra BLUD. Siapa yang akan melakukan penilaian, unsur apa saja yang akan dinilai pada saat penilaian dan berapa persen penilaian untuk setiap dokumennya. Peserta workshop terlihat antusias untuk dapat mengikuti pelaksanaan pelatihan hingga lupa dengna coffe break. 

Hasil akhir dari Workshop pra BLUD SMK SMKN Purwosari Bojonegoro adalah SMKN Purwosari sudah Menyusun  tiga surat dan empat dokumen persyaratan administratif penerapan BLUD. Kedepannya dokumen tersebut akan di review oleh konsultan Syncore dan akan dikembalikan lagi ke SMKN Purwosari untuk disempurnakan. Setelah direview dan dinilai oleh konsultan Syncore, maka SMKN Purwosari bisa mengajukan dokumen pra BLUD tersebut ke dinas provinsi.

Syncore

By syncore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.