Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Unit Kerja pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah daerah di Indonesia yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang/jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. dalam peningkatan pelayanan BLUD dalam segi non keuangan. Blud harus memiliki suatu strategi yang mempengaruhi peningkatan pelayanan yaitu :
- Tercapainnya indeks kepuasan masyarakat (IKM)
- Tercapainnya target kinerja sesuai standat pelayanan minimal
- Tersedia pelayanan khusus masyarakat miskin
- Tersedia pelayanan kesehatan dasar dan rujukan
- Tersedia sarana dan prasarana mendukung pelayananan
- Tersedia data dan informasi yang handal
- Tersedia penanggulangan bencana kesehatan dengan melibatkan masyarakat sekitar
- Tersedia desa siaga guna meningkatkan kualitas lingkungan sehat.
Potensi peningkatan pelayanan memilik indikator, standar (Nilai), Batas waktu pencapaian, uraian standar pelayanan minimal dan tercapaian setiap tujuan. Dalam tujuan potensi peningkatan pelayanan meliputi pelayanan gawat darurat,pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat inap, bedah sentral, persalinan dan perinatologi, pelayanan intensif, radiologi dan lain lain. Sehingga dalam pencapaian peningkatan pelayanan memiliki batas waktu pencapaian. Contoh :
Jenis Pelayanan | Indikator | Niai | Batas waktu pencapaian |
Gawat darurat | Kemampuan menangani life saving anak dan dewasa |
100 % |
Tercapai |
Jam buka pelayanan Gawat darurat | 24 jam | Tercapai | |
Rawat Jalan | Dokter pemberi pelayanan di poliklinik spesialis | 100 % Dokter Spesialis | Tercapai |
Ketersediaan pelayanan | Klinik anak dan klinik penyakit dalam | Tercapai
Tercapai |
|
Rawat Inap | Pemberi pelayananan di rawat inap | Dr spesialis
Perawat minimal D3 |
Tercapai
Tercapai |
Dokter penanggung jawab pasien rawat inap | 100% | Tercapai | |
Bedah Central | Waktu tunggu operasi elektif | <2 hari | Tercapai |
Kejaidian kematian di meja operasi | <1% | Tercapai |
Tercapainya tujuan setiap jenis indikator contoh :
Indikator | Tujuan |
Life saving | Tergambarnya kemampuan rumah sakit dalam memberikan pelayanana gawat darurat |
Pemberian pelayanan klinik spesialis | Tersediaanya pelayanan klinik oleh tenaga spesialis yang kompeten |
Pemberian pelayanan rawat inap | Pemberian pelayanan rawat inap adalah dokter dan tenaga perawat yang kompeten |