Mitra BLUD
Berbasis Teknologi

BLUD.co.id

POTENSI PENINGKATAN PELAYANAN

Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Unit Kerja pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah daerah di Indonesia yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang/jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. dalam peningkatan pelayanan BLUD dalam segi non keuangan. Blud harus memiliki suatu strategi yang mempengaruhi peningkatan pelayanan yaitu :

  1. Tercapainnya indeks kepuasan masyarakat (IKM)
  2. Tercapainnya target kinerja sesuai standat pelayanan minimal
  3. Tersedia pelayanan khusus masyarakat miskin
  4. Tersedia pelayanan kesehatan dasar dan rujukan
  5. Tersedia sarana dan prasarana mendukung pelayananan
  6. Tersedia data dan informasi yang handal
  7. Tersedia penanggulangan bencana kesehatan dengan melibatkan masyarakat sekitar
  8. Tersedia desa siaga guna meningkatkan kualitas lingkungan sehat.

Potensi peningkatan pelayanan memilik indikator, standar (Nilai), Batas waktu pencapaian, uraian standar pelayanan minimal dan tercapaian setiap tujuan. Dalam tujuan potensi peningkatan pelayanan  meliputi pelayanan gawat darurat,pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat inap, bedah sentral, persalinan dan perinatologi, pelayanan intensif, radiologi dan lain lain. Sehingga dalam pencapaian peningkatan pelayanan memiliki batas waktu pencapaian. Contoh :

Jenis Pelayanan Indikator Niai Batas waktu pencapaian
Gawat darurat Kemampuan menangani life saving anak dan dewasa  

100 %

Tercapai
Jam buka pelayanan Gawat darurat 24 jam Tercapai
Rawat Jalan Dokter pemberi pelayanan di poliklinik spesialis 100 % Dokter Spesialis Tercapai
Ketersediaan pelayanan Klinik anak dan klinik penyakit dalam Tercapai

 

 

Tercapai

Rawat Inap Pemberi pelayananan di rawat inap Dr spesialis

Perawat minimal D3

Tercapai

Tercapai

Dokter penanggung jawab pasien rawat inap 100% Tercapai
Bedah Central Waktu tunggu operasi elektif <2 hari Tercapai
Kejaidian kematian di meja operasi <1% Tercapai

Tercapainya tujuan setiap jenis indikator contoh :

Indikator Tujuan
Life saving Tergambarnya kemampuan rumah sakit dalam memberikan pelayanana gawat darurat
Pemberian pelayanan klinik spesialis Tersediaanya pelayanan klinik oleh tenaga spesialis yang kompeten
Pemberian pelayanan rawat inap Pemberian pelayanan rawat inap adalah dokter dan tenaga perawat yang kompeten

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top