Dokumen Pola Tata Kelola
Blud.co.id – Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai surat surat pra BLUD, diantaranya telah disebutkan surat-surat yang harus terlampir bersama dokumen lainnya untuk mengajukan permohonan BLUD.
Pada artikel hari ini kita akan membahas tentang Dokumen Pola Tata Kelola.
Pola tata kelola merupakan tata kelola Unit Pelaksana Teknis Dinas/Badan Daerah yang akan menerapkan BLUD, dimana pola tata Kelola yang dimaksud ditetapkan dengan Peraturan Kepala Daerah.
Dokumen Pola tata Kelola yang dimaksud memuat :
- Kelembagaan memuat posisi jabatan, pembagian tugas, fungsi, tanggung jawab, hubungan kerja dan wewenang
- Prosedur kerja memuat ketentuan mengenai hubungan dan mekanisme kerja antar posisi jabatan dan fungsi.
- Pengelompokan fungsi memuat pembagian fungsi pelayanan dan fungsi pendukung sesuai dengan prinsip pengendalian internal untuk efektivitas pencapaian.
- Pengelolaan sumber daya manusia memuat kebijakan mengenai pengelolaan sumber daya manusia yang berorientasi pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat
Begitulah penjelasan untuk Dokumen Pola Tata Kelola yang harus disiapkan sebagai syarat administratif BLUD.
Download Contoh Dokumen Pola Tata Kelola
Pada artikel selanjutnya kami akan membahas mengenai dokumen SPM (Standar Pelayanan Minimal). Stay Tune!