Mitra BLUD
Berbasis Teknologi

BLUD.co.id

Penyusunan RBA dan RKA BLUD

1. Bagaimana Penyusunan RBA dan RKA BLUD?

jawab: RBA dibuat rinci sedangkan RKA yang diinput di SIMDA dibuat gelondong hanya berdasarkan tigs belanja yaitu belanja pegawai, barang dan jasa, belanja modal.

 

2. Realisasi anggaran pendapatan 2017 sampai dengan bulan September baru mencapai sekitar 73%. Hal ini terjadi karena kasus klaim piutang ke BPJS berdasarkan tarif INA CBG’s dari Kementerian Kesehatan tidak semuanya di klaim oleh BPJS dan kerugian tersebut tidak dicatat namun malah mengurangi klaim piutang, bagaimana solusinya?

Jawab: Solusi yang ditawarkan dalam input ke system adalah input klaim sebesar penerimaan klaim BPJS nya. Namun untuk kedepannya disarankan untuk tetap input sejumlah klaim, apabila tidak semua terklaim maka harus dicatat sebagai kerugian piutang tak tertagih.

 

3. kami masih belum memahami mengenai SiLPA, baik apa itu SiLPA maupun bagaimana penggunaan SiLPA. Kasus yang terjadi adalah membuat anggaran pembangunan gedung, namun tahun ini belum terlaksana dan anggaran tersebut masih utuh, bagaimana solusinya?

Jawab: Jika sampai dengan akhir tahun uang tersebut tidak digunakan dan masih sisa maka itu disebut SiLPA. Penggunaan SiLPA seharusnya juga masuk didalam RBA. Silahkan gunakan SiLPA untuk pembangunan gedung selama SiLPA ada di RBA, Baik murni atau pun perubahan.

 

4. Masalah mapping berdasarkan jenis belanja. Ada honorarium pegawai satpam, cleaning service dan perawatan tanaman yang seharusnya masuk di belanja pegawai karena itu merupakan pegawai yang perekrutannya dilakukan langsung oleh RSUD, namun jika dimasukkan dalam jenis belanja pegawai akan mengurangi pagu belanja gaji dan tidak bisa masuk belanja barang dan jasa karena bukan biaya jasa dengan MOU pihak ketiga, bagaiana solusinya?

Jawab: Solusi yang diberikan adalah menambahkan akun Biaya Tenaga Kerja dijenis belanja barang dan jasa.

 

5. Pertanyaan bendahara penerimaan apabila bagian klaim mengklaimkan piutang 100 tapi hanya diterima 90 manakah yang di input di system?

Jawab: Solusi yang diberikan adalah dicatat sesuai dengan uang yang diterima saja, karena tugas bendahara penerimaan hanya mencatat uang yang diterima. Input di system pada menu klaim dan bkm klaim nya sesuai dengan uang yang diterima. Masalah klaim piutang yang tidak tertagih itu urusan bagian klaim yang nanti akan ada penyesuaian piutang di bagian akuntansi dengan jurnal umum.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top