Mitra BLUD
Berbasis Teknologi

BLUD.co.id

PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD) DENGAN SISTEM BLUD SYNCORE

Tahapan Penyusunan Laporan Keuangan

Cash Basis

  1. Penatausahaan Pendapatan
  2. Penatausahaan Belanja
  3. Rekonsiliasi Kas dan Bank

Accrual Basis

  1. Penyesuaian Piutang
  2. Penyesuaian Hutang
  3. Penyesuaian Persediaa
  4. Penyesuaian Aset

BLUD merupakan bagian dari instansi Pemerintah daerah sehingga laporan keuangan akan berbasis SAP. Pada tahap penyusunan laporan keuangan akan ada 2 jenis jurnal yang dibuat yaitu jurnal finansial (LO) dan Jurnal realisasi Anggaran (LRA). Jurnal penyesuaian juga dibutuhkan untuk menyesuaiakan piutang, hutanag, persediaan dan aset. Laporan keuangan yang akan disusun oleh BLUD adalah:

Cash Basis:

Laporan Realisasi Anggaran (LRA)

Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LP SAL)

Laporan Arus kas (LAK)

Accrual Basis:

Neraca

Laporan Operasional (LO)

Laporan Peruabahan Ekuitas (LPE)

Catatan atas laporan Keuangan (CaLK)

Setelah laporan BLUD disusun berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) disertai dengan laporan kinerja yang berisikan informasi pencapaian hasil atau keluaran BLUD, Laporan tersebut akan diaudit oleh pemeriksa eksternal pemerintah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Laporan keuangan BLUD akan disusun semesteran dan tahunan, laporan direview oleh SKPD yang membidangi pengawasan di Pemerintah Daerah (PEMDA). Hasil review yang merupakan kesatuan dari laporan keuangan BLUD tahunan akan diintegrasikan / dikonsolidasikan ke dalam laporan keuangan SKPD, selanjutnya laporan SKPD yang telah terkonsolidasi tersebut akan dikonsolidasikan ke dalam laporan keuangan PEMDA.

Untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan BLUD. Syncore memiliki aplikasi keuangan untuk membantu penyusunan laporan keuangan BLUD tersebut.

Alur dari penyusunan laporan keuangan melalui sistem BLUD yang dimiliki Syncore antara lain:

  1. Input data RKA yang sudah disahkan

berguna untuk memasukkan data anggaran belanja, akan menghasilkan Laporan RBA

  1. Input data penerimaan secara tunai maupun non tunai

berguna untuk menghasilkan Buku kas Umum Penerimaan dan nantinya akan terintegrasi menjadi Laporan pertanggungjawaban pendapatan

  1. Input data pengeluaran secara tunai maupun non tunai

Berguna untuk menghasilkan Buku Kas Umum Pengeluaran dan nantinya akan terintegrasi menjadi Laporan Pertanggungjawaban Belanja.

  1. Menginput saldo awal sesuai data neraca
  2. Posting
  3. Input Jurnal Pembalik
  4. Input Jurnal Penyesuaian
  5. Posting
  6. Output Laporan keuangan SAP dapat diakses

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top