Mitra BLUD
Berbasis Teknologi

BLUD.co.id

SMKN BLUD : PENYUSUNAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) PART IIA

Artikel s ebelumnya telah membahas mengenai bab 1 pada dokumen SPM yang berisi tentang latar berlakang, tujuan, pengertian, penyusunan prinsip, landasan hukum, perubahan SPM, & sistematika penyajian SPM. Kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai bab 2 dari dokumen SPM yang berisi: jenis pelayanan, prosedur pelayanan SPM, dan standar pelayanan minimal, berikut pembahasannya:

BAB II

Standar Pelayanan Minimal

  • Jenis Pelayanan

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 32 Tahun 2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Minimal Pendidikan, SMKN 1 Sambilegi sebagai salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada gambaran pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat memberikan jenis pelayanan dasar berupa pelayanan pendidikan sekolah menengah kejuruan. Jenis pelayanan Pendidikan di SMKN 1 Sambilegi meliputi:

  1. Pelayanan Pendidikan oleh satuan Pendidikan di SMKN secara umum, dan
  2. Pelayanan Pendidikan oleh satuan Pendidikan di SMKN yang menyelenggarakan Teaching Factory (TEFA).

Pelayanan proses pendidikan SMKN secara umum dituangkan dalam delapan standar sebagai berikut:

  • Cakupan pelayanan sesuai standar kompetensi Radiasi

Pelayanan pendidikan sesuai standar kompetensi lulusan mencakup kompetensi untuk seluruh mata pelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

  • Cakupan pelayanan Pendidikan kejuruan sesuai standar isi

Pelayanan pendidikan sesuai standar memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan kalender pendidikan.

  • Cakupan pelayanan sesuai standar proses

Pelayanan pendidikan sesuai standar proses berarti bahwa setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

  • Cakupan pelayanan sesuai standar penilaian

Pelayanan pendidikan sesuai standar penilaian meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan, dan/atau Pemerintah.

  • Cakupan pelayanan sesuai standar Pendidik dan tenaga Kependidikan

Pelayanan pendidikan sesuai standar Pendidik dan tenaga Kependidikan meliputi kualifikasi akademik dan kompentensi pendidik dan tenaga kependidikan.

  • Cakupan pelayanan standar sarana dan prasarana

Pelayanan pendidikan sesuai standar sarana dan prasarana meliputi kriteria minimun sarana dan kriteria minimum prasarana yang dimiliki oleh sekolah menengah kejuruan.

  • Cakupan pelayanan sesuai standar pengelolaan

Pelayanan pendidikan sesuai standar pengelolaan meliputi standar pengelolaan oleh satuan pendidikan, standar pengelolaan oleh Pemerintah Daerah dan standar pengelolaan oleh Pemerintah.

  • Cakupan pelayanan sesuai standar pembiayaan sekolah

Pelayanan pendidikan sesuai standar pembiayan sekolah  biaya investasi, biaya operasi, dan biaya personal. Biaya investasi satuan pendidikan meliputi biaya penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan sumberdaya manusia dan modal kerja tetap. Biaya personal meliputi biaya pendidikan yang harus dikeluarkan oleh peserta didik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan. Sedangkan, biaya operasi satuan pendidikan meliputi:

  1. Gaji pendidik dan tenaga kependidikan serta segala tunjangan yang melekat pada gaji,
  2. Bahan atau peralatan pendidikan habis pakai, dan
  3. Biaya operasi pendidikan tak langsung berupa daya, air, jasa telekomunikasi, pemeliharaan sarana dan prasarana, uang lembur, transportasi, konsumsi, pajak, asuransi, dan lain sebagainya

Selain pelayanan pendidikan secara umum, SMKN 1 Sambilegi juga memberikan pelayanan pendidikan yang bernuansa industry dengan melibatkan peserta didik dalam unit produksi dan jasa (teaching factory) sesuai dengan program keahlian yang dimiliki peserta didik. Pelibatan peserta didik dalam teaching factory tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:

No Program Keahlian Unit Teaching Factory
1 Perhotelan Edu Hotel
2 Pariwisata Edo Wisata
3 Kuliner Edu Restauran
  • Prosedur Pelayanan

Prosedur pelayanan SMKN 1 Sambilegi disusun dalam bentuk Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dituangkan dalam dokumen Tata Kelola yang ditetapkan oleh Kepala SMKN 1 Sambilegi. SOP merupakan serangkaian instruksi tertulis yang dibekukan mengenai berbagai proses penyelenggarakan aktivitas. Tujuan penyusunan Standar Operasional Prosedur di SMKN 1 Sambilegi adalah agar berbagai proses kerja rutin terlaksana dengan efisien, efektif, konsisten/seragam dan aman dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan melalui pemenuhan standar yang berlaku.

Manfaat SOP bagi SMKN 1 Sambilegi adalah memenuhi persyaratan standar pelayanan SMKN 1 Sambilegi, me dokumentasikan langkah-langkah kegiatan dan memastikan staf SMKN 1 Sambilegi memahami bagaimana melakukannya. Alur pelayanan di SMKN 1 Sambilegi Disusun untuk memberikan kejelasan dan kemudahan bagi pasien untuk mendapatkan pelayanan di SMKN 1 Sambilegi. Terdapat beberapa alur pelayanan yang berlaku di SMKN 1 Sambilegi.

  • Standar Pelayanan Minimal

Bagian ini akan kami bahas pada artikel berikutnya, sampai jumpa pada artikel selanjutnya … ☺

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top