Mitra BLUD
Berbasis Teknologi

BLUD.co.id

Tata Cara Input Aplikasi PPK BLUD

  1. Apakah ada setting user pengguna untuk masing-masing bagian sesuai tupoksi ?

Dalam aplikasi PPK BLUD memiliki fasilitas untuk setting user seperti bagian penatausahaan, bagian keuangan, bagian akuntansi dan bagian adsminitrator. Langkah untuk mengganti user yaitu dengan

  • Pilih UTL
  • Pilih Grup pengguna
  • Pilih tambah baru
  • Isikan nama dan deskripsi
  • Pilih Tambah
  1. Bagaimana langkah membuat profil instansi dalam aplikasi PPK BLUD ?

Langkah yang harus dilakukan adalah

  • Pilih menu STU
  • Pilih informasi instansi
  • Isikan profil instansi
  • Pilih Simpan
  1. Bagaimana cara menyusun progam dan kegiatan dalam aplikasi PPK BLUD ?

Langkah yang harus dilakukan untuk menambah progam adalah

  • Pilih menu RBA
  • Pilih progam dan kegiatan
  • Pilih tambah Progam
  • Isikan Kode, Nama dan Deskripsi
  • Pilih Tambah

Langkah yang harus dilakukan untuk menambah progam

  • Pilih menu RBA
  • Pilih progam dan kegiatan
  • Pilih tambah Kegiatan
  • Isikan data kegiatan
  • Pilih tambah
  1. Apakah kode akun bisa dirubah, bagaimana cara menggantinya ?

Bisa, kode akun dalam sistem dapat disesuaikan sesuai kode akun yang di gunakan instansi. Langkah untuk mengubah dan menambah Kode akun dapat dilakukan dengan

  • Pilih STU
  • Pilih Kode Akun
  • Klik tanda plus untuk menambah baru, tanda pensil untuk mengedit, dan tanda keranjang sampah untuk menghapus.
  1. Apa saja yang perlu diinput di Pagu Sumber Dana, bagaimana cara menginputnya ?

Dalam Pagu Sumber Dana yang perlu diinput adalah Sumber Dana dari BLUD, sumber dana dari APBD dan Sumber Dana dari APBN. Langkah untuk menginputkan kedalam sistem yaitu dengan

  • Plih RBA
  • Pilih Pagu Sumber Dana
  • Isikan sumber dana sesuai yang telah dibuat
  • Pilih simpan

 

 

  1. Apa saja yang perlu diinput di Pagu Belanja, bagaimana cara menginputnya ?

Didalam Pagu belanja  yang perlu diinput adalah belanja dari 3 jenis yang pertama adalah belanja pegawai, belanja barang dan jasa dan yang ketiga yaitu belanja modal. Langkah untuk menginputkan kedalam sistem yaitu dengan

  • Plih RBA
  • Pilih Pagu Belanja
  • Isikan anggaran belanja sesuai yang telah dibuat
  • Pilih simpan
  1. Apa saja yang perlu diinput di Pagu kegiatan, bagaimana cara menginputnya ?

Didalam Pagu kegiatan yang perlu diinput adalah alokasi anggaran dari setiap kegiatan. Langkah untuk menginputkan kedalam sistem yaitu dengan

  • Plih RBA
  • Pilih Pagu kegiatan
  • Isikan alokasi anggaran dari setiap kegiatan
  • Pilih simpan
  1. Apakah langkah selanjutnya setelah menentukan Pagu Sumber Dana, Belanja dan kegiatan ? Langkah selanjutnya yaitu menginput Pendapatan dan biaya biaya yang dianggarkan ke dalam menu RBA kemudian pilih pendapatan untuk menginput pendapatan dan pilih biaya untuk menginput biaya.
  2. Bagaimana cara mengecek laporan RBA ?

Setelah menginput pendapatan dan biaya dapat melihat laporan RBA dibagian menu RBA kemudian pilih RBA langkah selanjutnya memilih ringkasan pendapatan dan Biaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top