- Apakah ada setting user pengguna untuk masing-masing bagian sesuai tupoksi ?
Dalam aplikasi PPK BLUD memiliki fasilitas untuk setting user seperti bagian penatausahaan, bagian keuangan, bagian akuntansi dan bagian adsminitrator. Langkah untuk mengganti user yaitu dengan
- Pilih UTL
- Pilih Grup pengguna
- Pilih tambah baru
- Isikan nama dan deskripsi
- Pilih Tambah
- Bagaimana langkah membuat profil instansi dalam aplikasi PPK BLUD ?
Langkah yang harus dilakukan adalah
- Pilih menu STU
- Pilih informasi instansi
- Isikan profil instansi
- Pilih Simpan
- Bagaimana cara menyusun progam dan kegiatan dalam aplikasi PPK BLUD ?
Langkah yang harus dilakukan untuk menambah progam adalah
- Pilih menu RBA
- Pilih progam dan kegiatan
- Pilih tambah Progam
- Isikan Kode, Nama dan Deskripsi
- Pilih Tambah
Langkah yang harus dilakukan untuk menambah progam
- Pilih menu RBA
- Pilih progam dan kegiatan
- Pilih tambah Kegiatan
- Isikan data kegiatan
- Pilih tambah
- Apakah kode akun bisa dirubah, bagaimana cara menggantinya ?
Bisa, kode akun dalam sistem dapat disesuaikan sesuai kode akun yang di gunakan instansi. Langkah untuk mengubah dan menambah Kode akun dapat dilakukan dengan
- Pilih STU
- Pilih Kode Akun
- Klik tanda plus untuk menambah baru, tanda pensil untuk mengedit, dan tanda keranjang sampah untuk menghapus.
- Apa saja yang perlu diinput di Pagu Sumber Dana, bagaimana cara menginputnya ?
Dalam Pagu Sumber Dana yang perlu diinput adalah Sumber Dana dari BLUD, sumber dana dari APBD dan Sumber Dana dari APBN. Langkah untuk menginputkan kedalam sistem yaitu dengan
- Plih RBA
- Pilih Pagu Sumber Dana
- Isikan sumber dana sesuai yang telah dibuat
- Pilih simpan
- Apa saja yang perlu diinput di Pagu Belanja, bagaimana cara menginputnya ?
Didalam Pagu belanja  yang perlu diinput adalah belanja dari 3 jenis yang pertama adalah belanja pegawai, belanja barang dan jasa dan yang ketiga yaitu belanja modal. Langkah untuk menginputkan kedalam sistem yaitu dengan
- Plih RBA
- Pilih Pagu Belanja
- Isikan anggaran belanja sesuai yang telah dibuat
- Pilih simpan
- Apa saja yang perlu diinput di Pagu kegiatan, bagaimana cara menginputnya ?
Didalam Pagu kegiatan yang perlu diinput adalah alokasi anggaran dari setiap kegiatan. Langkah untuk menginputkan kedalam sistem yaitu dengan
- Plih RBA
- Pilih Pagu kegiatan
- Isikan alokasi anggaran dari setiap kegiatan
- Pilih simpan
- Apakah langkah selanjutnya setelah menentukan Pagu Sumber Dana, Belanja dan kegiatan ? Langkah selanjutnya yaitu menginput Pendapatan dan biaya biaya yang dianggarkan ke dalam menu RBA kemudian pilih pendapatan untuk menginput pendapatan dan pilih biaya untuk menginput biaya.
- Bagaimana cara mengecek laporan RBA ?
Setelah menginput pendapatan dan biaya dapat melihat laporan RBA dibagian menu RBA kemudian pilih RBA langkah selanjutnya memilih ringkasan pendapatan dan Biaya