Mitra BLUD
Berbasis Teknologi

BLUD.co.id

KINERJA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS

Puskesmas merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang dekat dengan masyarakat dan bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya. Puskesmas mempunyai visi untuk menjadikan kecamatan yang sehat sehingga visi pembangunan kesehatan Indonesia sehat 2019 dapat diwujudkan. Pencapaian hal tersebut dapat terlaksana jika masyarakat yang ada di wilayah kerja puskesmas mau menggunakan dan memanfaatkan puskesmas dalam upaya memelihara dan mewujudkan pencapaian kesehatan. Saat ini masyarakat adalah pelanggan ketika mendatangi tempat pelayanan kesehatan termasuk puskesmas bukan hanya sekedar mendapatkan pelayanan tetapi mereka memiliki kebutuhan harapan dengan pelayanan yang tersedia. Harapan dan kebutuhan pelanggan bervariasi, tergantung dari kepentingan masyarakat ketika datang ke puskesmas. Pasien dan masyarakat mungkin akan memiliki pandangan bahwa pelayanan kesehatan yang baik adalah pelayanan yang terorganisir dengan baik, tempat pelayanan yang nyaman dan rapi, tidak membutuhkan banyak waktu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, selalu disambut ramah dan senyum oleh petugas kesehatan, dan dilayani dengan baik. Sedangkan bagi petugas kesehatan pelayanan yang baik adalah pelayanan yang diberikan sesuai dengan pengetahuan dan teknologi mutakhir, fasilitas pelayanan yang lengkap dan adanya supervisi atau bimbingan dari pimpinan. Demikian juga pemerintah ataupun pihak donor beranggapan bahwa pelayanan yang baik adalah yang efektif, efisien dan tepat sasaran. Petugas kesehatan yang terdapat di puskesmas seharusnya bersikap baik serta memperlakukan pasien dengan respek dan manusiawi. Hal tersebut berkaitan dengan pemenuhan hak pasien yaitu pengakuan harkat, rasa nyaman dan mengeluarkan keinginan untuk dilayani sebaik-baiknya. Pengakuan ini akan memberikan dampak bahwa pasien merasa dihargai, diperlakukan dengan pantas dan dilibatkan dalam proses perawatan pada dirinya. Pengaturan waktu yang efektif di masing-masing bagian di puskesmas sebagai standar kerja sehingga memungkinkan pasien mendapatkan waktu pelayanan yang tepat. informasi-informasi pasien dicatat secara lengkap pada catatan kesehatan pasien sehingga pasien mendapatkan pelayanan sesuai dengan standar. Catatan kesehatan pasien adalah bukti yang sah untuk menggambarkan jenis pelayanan kesehatan yang telah diberikan oleh petugas kesehatan puskesmas kepada pasien, serta bukti tanggung jawab petugas kesehatan dalam menjalankan tugasnya.

 

Referensi : PEDOMAN PELAKSANAAN MANAJEMEN PUSKESMAS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top