1. Apa itu RBA?
RBA merupakan dokumen yang wajib disusun oleh BLU/BLUD. Dokumen RBA ini memuat 5 bab. Silahkan donwload format RBA 5 BAB di contoh dokumen untuk lebih jelasnya. Di format sudah kami siapkan contoh RBA 5 BAB beserta cara pengisiannya.
2. Rumusan penyusunan RBA dengan mudah bagaimana?
Pada dasarnya harus memahami dahulu konsep RBA. Bahwa konsep RBA adalah konsep anggaran.
Bab I mengulas mengenai pendahuluan.
Bab II mengulas mengenai laporan kinerja tahun berjalan.
Bab II mengulas mengenai rencana bisnis dan anggaran. Di sinilah telak fokus dokumen RBA yang berisikan mengenai anggaran pendapatan dan belanja. penyusunan RBA bisa dibantu dengan aplikasi PPK BLUD silahkan kunjungi demo.blud.co.id untuk memperoleh demonya.
BAB IV mengulas mengenai laporan kinerja tahun yang akan datang.
Bab V adalah penutup.
Silahkan donwload format RBA 5 BAB di contoh dokumen untuk lebih jelasnya. Di format sudah kami siapkan contoh RBA 5 BAB beserta cara pengisiannya.
3. Apa hubungan RBA dan RKA serta fleksibilitas BLUD? silahan baca artikel keterkaitan RKA dan RBAÂ Â atau fleksibilitas BLUDÂ
RKA hanya memuat 3 belanja berikut:
5.2.1.x.x Belanja Pegawai Puskesmas BLUD
5.2.2.x.x Belanja Barang dan jasa Puskesmas BLUD
5.2.3.x.x Belanja Modal Puskesmas BLUD,
Sedangkan RBA adalah basis Biaya:
Biaya Operasional Pelayanan dan Biaya Operasional Administrasi dan Umum yang terdiri dari Biaya:
- Biaya pegawai
- biaya bahan
- biaya Barang jasa
- Biaya Pelayanan
- Biaya Pemeliharaan
- Biaya Penyusutan
- Biaya lain-lain
untuk laporan keuangan SAK silahkan baca artikel berikut ini penyusunan laporan keuangan SAKÂ
silahkan download juga contoh laporan keuangan SAKÂ