Pelatihan ini melanjutkan pelatihan yang sudah dilaksanakan pada bulan lalu terkait PPK BLUD.
Di bulan lalu Syncore mendukung puskesmas dalam penyusunan RBA, penerimaan dan pengeluaran untuk di inputkan di sistem Syncore.
Untuk melanjutkan penginputan yang dilakukan, bulan ini syncore mengadakan pendampingan ke puskesmas dalam melakukan penginputan akuntansi di sistem Syncore.
Suasana pelatihan berjalan dengan lancar dan peserta yang mengikuti pendampingan tersebut sangat antusias.
Pada awal acara dimulai dengan pembukaan yang dilakukan oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan materi akuntansi oleh narasumber.
Setelah materi akuntansi selesai, peserta pun melanjutkan ke tahap sistem penginputan yang didampingi narasumber dan pendamping dari syncore BLUD.
Pada saat materi akuntansi dijelaskan dan sesi penginputan dilakukan, beberapa peserta melakukan tanya jawab dengan narasumber. Berikut beberapa pertanyaan yang kami list dari diskusi yang sudah dilakukan :
- Saldo awal di inputkan di kode rekening mana?
Sesuai dengan rekening koran, dan kode rekeningnya mengikuti kode rekening di system, kode rekening mana yang ingin diinputkan
- Untuk pencatatan akuntansi apakah dilakukan perbulan atau pertahun?
Untuk akuntansi per periode (semesteran dan tahunan) akuntansi akan bekerja pada saat awal pelaporan keuangan
- Untuk piutang bpjs itu selama tahun 2021, apakah di masukkan?
Iya di masukkan sesuai yang menjadi piutang di awal tahun 2022
- Untuk aset itu, kita lihat dari aplikasi simbada, aplikasi merekam semua barang puskesmas dari 2017, untuk yang di inputkan ke neraca di sistem yang mana?
Yang di inputkan semua dari awal puskesmas menginputkan di aplikasi simbada
- Kalau untuk aset kendaraan dinas masuknya sebagai apa?
Masuk sebagai aset kendaraan roda empat dan harga nya bisa di cek di aplikasi simbada (KIB)