Blud.co.id – Pelatihan online satuan pengendalian internal SPI BLUD juga membahas terkait dengan pelaporan hasil audit dan tindak lanjut hasil audit.
Dijelaskan bahwa Proses Auditing akan menjadi tidak ada gunanya jika tidak adanya pelaporan hasil audit.
Karena di pelaporan tersebut akan menjadi bukti bahwa pekerjaan auditor sudah bekerja secara profesional yang mana akan berdampak untuk pengambilan keputusan di organisasi atau perusahaan kedepannya.
Berikut merupakan contoh sistematika laporan audit internal yang dibagi menjadi empat bagian utama sebagai berikut:
- Bagian pengantar
- Bagian pokok meliputi ruang lingkup audit, batasan ruang lingkup audit, ringkasan informasi, resiko atau kerangka pengendalian, pendapat secara keseluruhan, pertimbangan dan kesimpulan yang dicapai
- Bagian penutup
- Lampiran
Penyusunan laporan hasil audit internal memiliki tiga dasar filosofi utama yang bisa dijadikan dasar dalam menyusun laporan yakni yang pertama memiliki informasi, dapat memberikan informasi yang jelas.
Lebih lanjut terkait dengan SPI BLUD bisa mendownload materi melalui link berikut
Filosofi kedua yakni dapat mempengaruhi untuk pengambilan keputusan yang akan dibuat oleh sebuah instansi atau perusahaan.
Terakhir yakni bisa memberikan hasil, di tahun depan tidak akan ada temuan yang berulang dan menjadi bahan evaluasi untuk menjadi lebih baik.
Saat melakukan audit harus memprioritaskan semua unit terutama bila instansi tersebut memiliki banyak unit seperti sebuah rumah sakit.
Bila menjumpai kasus seperti ini harus menentukan dulu resiko mana yang paling tinggi yang berdampak signifikan terhadap Rumah Sakit (Audit berbasis resiko).
Nanti diurutkan unit mana yang paling tinggi resikonya, jadi dari resiko tersebut maka akan di tentukan mana yang seharusnya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.
Tujuan dan manfaat tindak lanjut untuk melakukan rekomendasi audit internal adalah bertujuan untuk memberi keyakinan bahwa manajemen sudah mengambil koreksi.
Berdasarkan berbagai temuan yang dilaporkan atau manajemen telah menetapkan besarnya resiko jika tidak mengambil langkah koreksi.
Manfaat tindak lanjut audit untuk meningkatkan kinerja manajerial dan perusahaan agar jika terjadi kegiatan yang tidak efektif dan efisien dapat segera diperbaiki.
Sehingga kegiatan operasional perusahaan akan tetap mendukung tercapainya tujuan utama perusahaan atau organisasi.
Begitulah informasi terkait pelaporan hasil audit dan tindak lanjut hasil audit yang harus dilakukan karena memiliki banyak manfaat.