Mitra BLUD
Berbasis Teknologi

BLUD.co.id

Layanan Pelatihan

Pelatihan Penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran BLU/BLUD

Latar Belakang

Unit Pelaksana Teknis (UPT) dalam menerapakan pola pengelolaan keuangan (BLUD) perlu didampingi mengenai tata cara penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA), bagaimana integrasi ke dalam Rencana Kerja dan Anggaran (RKA), pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggung jawaban serta pelporan akuntansi keuangan BLUD sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Penyusunan Rencana Bisnis Dan Anggaran

Instansi Pemerintah yang telah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) wajib menyusun dokumen perencanaan anggaran dalam format RBA (Rencana Bisnis dan Anggaran), dengan melampirkan lembar konversi untuk keperluan integrasi dengan APBD yang menggunakan basis kas dalam pengukuran pendapatan dan belanja. 

Permasalahan yang umum dalam penyusunan RBA adalah kurangnya pemahaman tentang prinsip accrual dan kurangnya wawasan bisnis dalam menyusun rencana produk jasa, perkiraan pasar, biaya satuan, rencana keuangan dan lain-lain. selain itu masih banyak dijumpai proses penyusunan RBA yang terbalik, dimana RBA disusun berdasarkan Rencana Kerja Anggaran (RKA) SKPD.

Proses penyusunan RBA pada dasarnya lebih menitikberatkan pada pendekatan rencana bisnis dari sekedar rencana kegiatan, karena RBA yang berisi program, rencana operasional dan rencana pembiayaan tahunan, merupakan implementasi dari Rencana Strategis Bisnis yang telah disusun untuk rencana lima tahunan. Secara teknis, penyusunan RBA juga memerlukan penguasaan kebijakan dan metode akuntansi, terutama dalam penyajian prognosa dan proyeksi laporan keuangan.Dalam rangka membantu Manajemen Instansi Daerah atau SKPD-BLUD menyusun laporan kinerja BLUD, dan agar Dewan Pengawas BLUD dapat melakukan evaluasi dan penilaian kinerja BLUD.

Tujuan

Unit Pelaksana Teknis yang telah menerapkan BLUD perlu didampingi sekaligus di bantu oleh tenaga ahli yang berpengelaman dan memahami implementasi mengenai Pola Pengelolaan Keuangan BLUD untuk menstransfer pengalaman agar penerapan pola pengeloalan keuangan BLUD sesuai dengan peraturan yang ada, kemudian kinerja UPT menjadi lebih efisien dan efektif dalam Penyediaan Laporan Pola Pengelolaan Keuangan BLUD yang terstrandarisasi dengan sistim standar akuntansi pemerintahan dan dapat diterima oleh BPK sehingga dapat memahami point point sebagai berikut:

  1. Memahami pengertian, alur, dan dasar hukum PPK BLUD
  2. Mampu memahami dan Menyusun RBA

Sasaran

Setiap RUMAH SAKIT disarankan mengirimkan peserta minimal 4 orang sesuai dengan tugas masing masing, adapun bagian yang disarankan adalah sebagai berikut :

    1. Pemimpin BLUD
    2. Pejabat Keuangan BLUD
    3. Bendahara Penerimaan BLUD*
    4. Bendahara Pengeluaran BLUD*

Waktu Pelaksana

Workshop 3 hari

Team Pelaksana

  1. Team Konsultan 
  2. Team System
  1. Narasumber
  2. Materi (Soft Copy)
  3. Sewa Software Pola Pengelolaan Keuangan BLUD online
  4. Meeting Room ( makan siang dan Coffee break) selama 2 hari
  5. Akomodasi Hotel Bintang 3 Twin Share (1 kamar untuk 2 peserta sudah termasuk Breakfast) selama 3 malam
  6. Training kit
  7.  

Metode Pendampingan

Ruang Lingkup

Susunan Acara Workshop Penyusunan RBA

Pendaftaran Kontak :

WhatsApp/Telepon:
E-mail:
Scroll to Top