PROFIL

PT Syncore Indonesia adalah perusahaan Teknologi Akuntansi yang memberikan layanan di bidang keuangan dengan mengedepankan teknologi. Pada awal didirikan, PT Syncore Indonesia merupakan perusahaan jasa konsultan manajemen bisnis dan keuangan di beberapa perusahaan swasta. Seiring dengan perkembangan perusahaan, PT Syncore Indonesia kini memberikan layanan di bidang Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum atau Badan Layanan Umum Daerah  (BLU/BLUD).

PT Syncore Indonesia dikenal sebagai ahli BLU yang handal dengan didukung    oleh    para    professional    yang    berpengalaman    di bidang keuangan, manajemen, teknologi informasi dan training di bidang Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU/BLUD).

Service Excellent, yaitu memberikan layanan yang terintegrasi secara efektif dan efsien.

Layanan utama Divisi BLUD PT Syncore Indonesia bagi satuan kerja atau unit kerja yang akan menjadi BLU/BLUD adalah sebagai berikut:

PRA BLUD

  1. Pelatihan Persiapan Menuju BLU/BLUD. Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari maka pihak instansi akan membuka wawasan mengenai; apa saja yang harus dipersiapkan untuk menjadikan instansinya BLU dan menyamakan presepsi arti dari pola pengelolaan keuangan BLU mulai dari jajaran pemda, dinas pendapatan, pengelolaan keuangan dan asset daerah, dinas kesehatan dan seluruh instansi/unit terkait.
  2. Pendampingan Menuju BLU/BLUD. Melakukan pendampingan menyiapkan dokumen persyaratan administratif menuju BLU, adapun dokumen yang harus dipersiapkan adalah sebagai begikut:
    1. Surat Pernyataan Kesanggupan untuk meningkatkan kinerja
    2. Rencana Strategis Bisnis 5 Tahun
    3. Standar Pelayanan Minimal
    4. Pola Tata Kelola Sebelum dan Setelah BLU
    5. Laporan Keuangan Pokok
    6. Laporan Keuangan auditan atau Surat Pernyataan Kesanggupan diaudit.
    7. Melakukan penilaian mandiri terhadap ke enam dokumen yang dibuat diatas untuk melakukan estimasi kelulusan menuju BLU
    8. Menjelaskan dan mempersiapkan pertanyaan pertanyaan terkait dengan penilaian BLU oleh tim penilai.

PASKA BLUD

Berbagai permasalahan mulai ditemui setelah ditetapkannya suatu unit kerja menjadi BLU/BLUD, yaitu faktor regulasi pemerintah daerah, hak dan kewajiban apa yang harus dipenuhi, dan berbagai kendala teknis.

PT Syncore Indonesia memberikan layanan paska ditetapkannya menjadi BLU/BLUD mulai dari pelatihan, pendampingan, konsultasi hingga penyediaan sistem informasi Pola Pengelolaan Keuangan BLU/BLUD (PPK- BLU/BLUD).

 

Mengapa harus menerapkan sistem informasi ?

Akuntanbilitas yang diharapkan paska BLU/BLUD menuntut sumber daya yang terbatas untuk dapat memenuhi hal tersebut, dimulai dari membuat perencanaan hingga pelaporan keuangan. Permasalahan ini timbul karena faktor SDM yang dengan latar belakang di bidang kesehatan dituntut harus mampu melaksanakan akuntanbilitas sebagai BLU/BLUD. Oleh karena itu, dengan menerapkan sistem informasi, maka akan mempermudah SDM dalam menerapan pola pengelolaan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku (Permendagri No. 61 Tahun 2007).

Divisi BLUD PT Syncore Indonesia memberikan layanan untuk membantu mitra & klien dalam mengatasi beberapa permasalahan yang ditemui paska BLU/BLUD. Berikut layanan yang diberikan:

  1. Review dokumen syarat administratif BLU/BLUD
  2. Pendampingan penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) menggunakan sistem informasi aplikasi berbasis Cloud
  3. Pendampingan pelaksanaan penatausahaan penerimaan dan pengeluaran menggunakan sistem informasi aplikasi berbasis Cloud
  4. Pendampingan penyusunan laporan keuangan menggunakan sistem informasi aplikasi berbasis Cloud

PT Syncore Indonesia menggunakan pendekatan SYNCORE Action Oriented, yaitu bagaimana mendorong mitra & klien untuk melakukan praktek langsung dan mampu menyelesaikan kasus-kasus yang dikemas sedemikian rupa mulai dari; kurikulum, materi dengan metode real simulasi (kasus real yang terjadi dilapangan).