Jurnal Penyesuaian BLU/BLUD

Jurnal penyesuaian dalam BLU/BLUD adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo pada akun untuk menyesuaikannya dengan jumlah yang sebenarnya pada akhir periode. Jurnal penyesuaian dibuat pada akhir periode setelah penyusunan neraca saldo, namun sebelum penyusunan kertas kerja (worksheet). Penyesuaian ini dilakukan untuk akun-akun tertentu yang perlu dilakukan penyesuaian dan dilakukan pada akhir periode akuntansi. Beberapa akun yang perlu dilakukan penyesuaian adalah Bahan Pakai Habis, Piutang, Utang, Persediaan, dsb. Fungsi jurnal penyesuaian dalam BLU/BLUD ini secara umum adalah untuk menetapkan saldo catatan akun buku besar pada akhir periode. Selain itu,  digunakan untuk menghitung pendapatan dan beban yang sebenarnya selama periode yang bersangkutan.

Selain jurnal penyesuaian, dalam akuntansi BLU atau BLUD juga terdapat Memo Pembalik. Memo Pembalik merupakan memo yang digunakan untuk menginput data jurnal pembalik. Jurnal pembalik adalah ayat jurnal yang dibuat untuk membalikkan Jurnal Penyesuaian transaksi tertentu pada awal periode akuntansi. Adapun bentuk dari jurnal pembalik adalah kebalikan dari jurnal penyesuaian.

Selain itu, terdapat Jurnal Umum. Jurnal umum merupakan ayat jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi yang dilakukan. Namun, pada sistem jurnal umum ini diperuntukkan untuk mencatat jurnal transaksi yang belum dapat diakomodir oleh memo jurnal penyesuaian ataupun modul penatausahaan. Adapun yang dimaksud modul penatausahaan yang dimaksud yakni penerimaan dan pengeluaran.

Syncore

By syncore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *