Memahami Karakteristik Laporan Keuangan SAP BLUD

Karakteristik laporan keuangan SAP BLUD perlu dipahami sebelum membandingkan laporan keuangan BLUD. Konsep dasar yang perlu dipahami sebelum membandingkan laporan keuangan SAP BLUD adalah memahami karakteristik setiap laporan keuangan. Hal ini dilakukan agar tidak salah dalam membandingkan laporan keuangan. Membandingkan laporan keuangan sebelum disajikan hendaknya dilakukan setelah penyusunan laporan keuangan semester dan tahunan selesai. Sebelum laporan keuangan tersebut dilaporkan dan nantinya akan diperiksa, hendaklah di periksa kembali untuk memastikan bahwa yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut adalah benar. Bisa dikatakan benar apabila setelah di cek kesesuaian antar laporan keuangan ketika dibandingkan sudah benar.

Hal pertama yang perlu dipahami mengenai konsep dasar laporan keuangan yaitu basis yang berlaku untuk masing-masing laporan keuangan. Basis yang digunakan dalam laporan keuangan terbagi menjadi basis kas dan basis akrual. Basis kas berisi murni aliran kas masuk dan arus kas keluar tanpa memperhatikan periode pengakuan pendapatan maupun biaya. Basis akrual adalah bergantung pada periode pengakuan pendapatan dan biaya, sehingga dalam laporan keuangan yang menggunakan basis akrual berisi aliran kas masuk dan keluar, piutang dan utang berdasarkan pengakuan periode akuntansi yang berlaku.

Laporan keuangan SAP BLUD yang menggunakan basis kas adalah:

  1. Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
  2. Laporan Perubahan SAL
  3. Laporan Arus Kas

Laporan keuangan SAP BLUD yang menggunakan basis akrual adalah :

  1. Laporan Neraca
  2. Laporan Operasional
  3. Laporan Perubahan Ekuitas
  4. Laporan CaLK

Selanjutnya yang perlu dipahami adalah sumber dana yang termuat dalam suatu laporan keuangan. Untuk BLUD, sumber dana dibagi menjadi dua, yaitu sumber dana dari BLUD (jasa layanan, hibah, hasil kerjasama, lain-lain pendapatan yang sah) dan dari sumber dana APBD (BOK, gaji, operasional APBD). Tidak semua laporan keuangan memuat kedua sumber dana tersebut. Untuk itu sebelum membandingkan laporan keuangan kita perlu memahami laporan mana yang mengandung sumber dana BLUD, mana yang APBD dan mana yang keduanya.

Laporan SAP BLUD yang memuat sumber dana BLUD saja:

  1. Laporan Realisasi Anggaran
  2. Laporan Perubahan SAL

Laporan SAP BLUD yang memuat sumber dana BLUD dan APBD:

  1. Laporan Neraca
  2. Laporan Operasional
  3. Laporan Arus Kas
  4. Laporan Perubahan Ekuitas
  5. Laporan CaLK

 

Referensi: PSAP Nomor 13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *