Pelayanan Kesehatan: Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

WQA (Worldwide Quality Assurance) adalah Badan Sertifikasi Internasional yang menyediakan sertifikasi untuk berbagai sistem manajemen, seperti ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000 dll. WQA memiliki kantor pusat di Inggris (United Kingdom) dan kantor regional di Jakarta (Indonesia) yang mengcover wilayah Asia-Pasifik.

ISO 9001 Quality Management System adalah sebuah standar sistem manajemen mutu yang diakui secara internasional yang merupakan tolak ukur global untuk sistem manajemen mutu yang telah diterbitkan lebih dari satu juta di seluruh dunia. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi ISO (pengakuan dari pihak lain yang independen) dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu barang/jasa yang dihasilkan.

Tertuang dalam ISO 9001 Quality Management System, manfaat potensial suatu organisasi yang mengimplementasikan sistem manajemen kualitas berdasarkan standar internasional adalah:

  1. Kemampuan untuk menyediakna produk dan jasa secara konsistem yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan persyaratan hukum serta peraturan yang berlaku;
  2. Memfasilitasi peluang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan;
  3. Menangani risiko dan peluang yang terkait dengan konteks dan tujuannya;
  4. Kemampuan untuk menunjukkan kesesuaian terhadap persyaratan sistem manajemen mutu yang ditentukan.

Sertifikasi dan penerapan ISO 9001 akan meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga (RSUD/RSU/Puskesmas) atau instansi kesehatan yang bersangkutan. Pada prinsipnya, ISO 9001 memberikan arahan serta aturan yang terkait dengan sistem perencanaan, pelaksanaan, pemeriksaan, serta tindakan pencegahan dan perbaikan dari masalah yang terjadi – bahkan dari masalah yang belum terjadi, namun berpotensi terjadi. Jika semua arahan dan aturan yang ada pada ISO 9001 ini diterapkan, maka dapat mempertahankan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Implementasi pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar dapat meminimalisir kesalahan atau masalah yang ada. Penerapan ISO 9001 dimaksudkan dapat mengurangi resiko kesalahan dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit yang menyangkut kesehatan dan nyawa pasien. Adanya sertifikasi ISO 9001 dapat mengurangi resiko kesalahan dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit yang menyangkut kesehatan dan nyawa pasien, sehingga intansi pelayanan kesehatan wajib menerapkan ISO 9001 karena ISO 9001 di RSUD/RSU/Puskesmas sangat diperlukan untuk meningkatan motivasi, moral dan kinerja  dan komunikasi internal karyawan, sehingga menghasilkan pelayanan  kesehatan yang lebih efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *