Badan Pelatihan Kesehatan Yogyakarta Menuju Penuh BLUD

Badan Pelatihan Kesehatan Yogyakarta merupakan lembaga yang memberikan jasa pelayanan pelatihan kesehatan kepada masyarakat. Badan Pelatihan Kesehatan Yogyakarta disahkan menjadi BLUD pada tahun 2014, namun baru efektif pada tahun 2015. Sehingga bila dihitung sampai sekarang Badan Pelatihan Kesehatan Yogyakarta sudah 2 tahun berjalan sebagai BLUD jadi statusnya yaitu menjadi BLUD secara bertahap.

Terkait Visi & Misi dari Gubernur Yogyakarta yaitu salah satunya berfokus paling utama dalam peningkatan “KESEHATAN”, oleh karenanya Badan Pelatihan Kesehatan Yogyakarta bekerja keras meningkatkan kinerjanya untuk menjadi lembaga yang membantu mewujudkan visi & misi dari Gubernur Yogyakarta. Salah satunya dengan cara peningkatan bidang pelayanan yaitu memberikan jasa pelatihan kesehatan & mencetak tenaga SDM kesehatan yang unggul guna membantu peningkatan kesehatan yang baik. Salah satu contohnya yaitu peningkatan kinerja beberapa Puskesmas di sekitar sepanjang pantai selatan Yogyakarta.

Sesuai Renstra Dinas Kesehatan Yogyakarta 5 tahun kedepan diarahkan untuk meningkatkan status kesehatan ibu & anak, status gizi masyarakat, kesehatan lingkungan & PHBS. Badan Pelatihan Kesehatan Yogyakarta digadang-gadang mampu membantu mencetak para SDM yang berkualitas & berkompeten agar bisa mewujudkan “KESEHATAN” yang sukses utama. Sehingga Badan Pelatihan Kesehatan Yogyakarta mempunyai sasaran “Meningkatkan erajat Kualitas SDM”, strategi “Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat, program “Pelayanan Pelatihan Kesehatan Pada BLUD Badan Pelatihan Kesehatan Yogyakarta, kegiatan “Pelayanan Pelatihan SDM Kesehatan”, dengan Outcome Kegiatan “Jumlah Pelatihan yang dievaluasi”.

Oleh karenanya Badan Pelatihan Kesehatan Yogyakarta saat ini sedang memenuhi syarat untuk menjadi BLUD penuh. Salah satunya meningkatkan pelayanan & kinerja. Salah satunya untuk saat ini Badan Pelatihan Kesehatan Yogyakarta sedang menyusun beberapa Dokumen Perencanaan, Tata Kelola & Pelaporan Keuangan. Karena penyusunan dokumen tersebut harus disesuaikan dengan apa yang terjadi pada kenyataan dan disesuaikan dengan kinerja selama ini. Penyusunan keempat dokumen tersebut haruslah saling terkait agar menjadi sesuai dengan persayaratan menjadi BLUD penuh.

Untuk mampu menyusun dokumen-dokumen tersebut maka harus membuka paradigma pengelolaan bisnis dalam sektor kesehatan, walaupun BLUD ini tidak berfokus pada profit tapi BLUD dituntut mampu mengelola keuangan secara berimbang & eksplisit. Agar tidak terjadinya kerugian yang mampu membuat BLUD tersebut menurun kinerjanya.

Berikut contoh Dokumen wajib disusun untuk menjadi BLUD, klik ya

Bagikan ArtikelShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *