AGD DKI Jakarta Menggunakan Aplikasi BLUD Syncore

AGD Dinkes DKI Jakarta Menggunakan Aplikasi BLUD Syncore

AGD DKI Jakarta menggunakan aplikasi BLUD Syncore. Meski sudah menyandang status BLUD penuh sejak tahun 2012 namun Ambulans Gawat Darurat atau yang selanjutnya akan disebut AGD DKI Jakarta masih menggunakan cara manual dalam menyajikan segala Pelaporan Keuangan BLUD nya. Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang akuntansi yang dinilai semakin memudahkan pencatatan transaksi dalam siklus akuntansi yang berlangsung, AGD DKI Jakarta berminat untuk menggunakan aplikasi BLUD Syncore yang akan membantu dalam penyusunan Laporan Keuangan.

Minat AGD DKI Jakarta menggunakan aplikasi BLUD Syncore dibuktikan dengan terlaksananya agenda Pelatihan Penyusunan RBA dan Laporan Keuangan SAK pada tanggal 23-25 Oktober 2017 di Hotel Pesonna Malioboro Yogyakarta. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini terbagi dalam lima sesi pelatihan. Sesi pertama disampaikan oleh Bapak Soni Haksomo, S.E., M.Si. selaku narasumber dari Bagian Keuangan RSUD Jogja. Dilanjutkan untuk sesi kedua sampai sesi terakhir diisi oleh Bapak Niza Wibyana Tito, M.Kom., M.M. selaku narasumber dari Konsultan BLUD dan Direktur dari PT. Syncore Indonesia.

Sesi pertama pelatihan oleh Bapak Soni berisi pemaparan mengenai Pola Pengelolaan Keuangan BLUD yang baik dan benar sesuai peraturan. Dilanjutkan sesi kedua oleh Bapak Tito mengenai teknis penyusunan RBA dan konsolidasi dengan RKA. Teknis penyusunan RBA yang dilakukan adalah penyusunan RBA 2018 AGD DKI Jakarta menggunakan aplikasi BLUD Syncore dengan pengarahan dari narasumber dan beberapa pendamping konsultan BLUD Syncore. Dilanjutkan sesi ketiga dan keempat yaitu sesi penerimaan dan pengeluaran, pada sesi ini peserta diarahkan dan didampingi untuk menginput data transaksi keuangan penerimaan dan pengeluaran tahun 2017 milik AGD DKI Jakarta. Sesi terakhir yaitu sesi kelima merupakan sesi akuntansi, yaitu membahas mengenai beberapa perlakukan akuntansi dalam aplikasi yang perlu dilakukan oleh bagian akuntansi untuk kebutuhan penyusunan Laporan Keuangan SAK yang akan dihasilkan oleh aplikasi.

Selama sesi pelatihan berlangsung peserta tampak antusias mengikuti serangkaian acara pelatihan. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme tanya jawab yang dilakukan oleh peserta dan narasumber serta semangat peserta dalam melakukan input data ke aplikasi yang sampai melewati batas waktu pelatihan. Peserta juga merasa puas karena output penyusunan RBA tahun anggaran 2018 telah tercapai.

Selengkapnya silahkan Hubungi tim BLUD

HP Konsultan BLUD : +62 813-6290-0800

Telp Kantor               : (+62) 274 488 599

Bagikan ArtikelShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *