Pelatihan Dan Review Keuangan BLUD Puskesmas Dinkes Kota Madiun

Pada Jumat, 27 April 2018 telah berlangsung pelatihan dan review Rencana Bisnis Anggaran (RBA) 2018 dan Laporan Keuangan berbasis Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas yang ada di Kota Madiun. Kegiatan diadakan di Aula Puskesmas Patihan dan diikuti oleh peserta dari 6 puskesmas dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Madiun. Puskesmas di Kota Madiun telah menggunakan Software Keuangan Syncore sejak tahun 2016 untuk melakukan input data dan menghasilkan output berupa Laporan Keuangan Tahunan. Acara dimulai pada pukul 08.00 dan diawali pembukaan dari perwakilan Dinas Kesehatan dan dilanjutkan oleh Narasumber Bapak Niza Wibyana Tito, M.Kom, M.M. 

Sesi pertama, narasumber melakukan review mengenai software dan menanyakan kepada masing-masing puskesmas terkait adanya kendala yang dirasakan selama puskesmas melakukan input data menggunakan Software Keuangan Syncore. Selanjutnya narasumber memberikan arahan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta dengan melakukan praktik input dan melakukan pengecekan terhadap laporan yang dihasilkan pada software. Pada sesi selanjutnya, masing-masing puskesmas melanjutkan input data penerimaan dan pengeluaran hingga bulan April 2018. Seluruh puskesmas di Kota Madiun sudah memiliki tenaga akuntansi, sehingga input data dilakukan oleh masing-masing akuntan puskesmas menggunakan data dari bendahara penerimaan dan pengeluaran puskesmas.

 

 

Pada sesi terakhir, dilakukan diskusi antara narasumber, peserta dari puskesmas, dan pihak perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Madiun. Diskusi berlangsung terkait beberapa perturan dan mekanisme mulai dari tahap perencanaan hingga evaluasi pada penerapan Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) BLUD. Seluruh peserta aktif terlibat dalam diskusi sehingga diskusi dapat berlangsung dua arah dan lebih efektif. Dengan diadakannya pelatihan dan review ini, harapannya seluruh puskesmas dapat melakukan input data dengan lebih lancar dan memperoleh hasil yang lebih baik dalam hal laporan RBA, penatausahaan, laporan pertanggungjawaban, hingga laporan keuangan berbasis SAK. Acara selesai pada pukul 16.00 dan ditutup oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Madiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *